Tio Bitar Dari Dungen

Album terbaru dari amcon.info rocker psychedelic Swedia Dungen adalah Tio Bitar yang akan resmi dirilis pada bulan Mei tahun ini, 2007. Ini adalah album pertama mereka sejak Ta Det Lugnt tahun 2004.

Ketika saya pertama kali mendengar nama Dungen, saya agak ragu berpikir bahwa orang-orang ini akan menjadi semacam band death metal konyol, tetapi ternyata Dungen sebenarnya adalah bahasa Swedia untuk “the Grove.”

Tio bitar - Wikipedia

Dungen sebagian besar merupakan karya vokalis dan multi instrumentalis Gustav Ejstes yang menulis semua musik Dungen dan merekam sebagian besar bagian instrumentalnya sendiri.

Rekaman Dungen memiliki suara analog. Sangat hangat dan mengundang. Musik mereka terdengar sangat hidup sangat menyegarkan di era digital. Meskipun demikian, saya rasa tidak adil untuk hanya mengklasifikasikan Dungen sebagai “rock psychedelic retro yang dinyanyikan dalam bahasa Swedia” karena ada perasaan orisinalitas dan penemuan yang nyata pada musik mereka juga.

Sebagai penggemar berat album terakhir Dungen, saya sangat senang mendengar rilis baru ini setelah bocoran awal.

Tio Bitar memulai dengan sebuah lagu yang berjudul sederhana “Intro” dan lagu ini menyentuh seperti banyak batu bata dengan solo gitar yang membakar yang mendekati waktu leleh itu sendiri. Salah satu pembuka album paling keren yang pernah saya dengar dalam beberapa waktu. Jika Anda berada dalam keadaan linglung, hal itu memaksa Anda untuk memperhatikan.

Seruling dengan banyak penundaan adalah sentuhan yang bagus untuk dijatuhkan ke trek saat tidak ada yang tersisa untuk dicairkan. Sebuah contoh yang indah dari psychedelic rock. Ini adalah trek instrumental karena benar-benar tidak ada ruang tersisa untuk vokal karena semua rock yang mengambil semua ruang yang tersedia.

Album ini tidak memiliki trek yang lemah menurut saya, tetapi di antara yang menonjol adalah trek #3 “Gor Det Nu” yang bolak-balik dari full on rock ke semacam chorus setengah waktu yang terdengar. Ada kombinasi hebat dari gitar rock yang intens dengan suara keyboard yang sangat halus di trek ini (dan di banyak lagu lainnya di album.)

Saya belum berbicara banyak tentang vokal dan saya akan mengatakan dibandingkan dengan musik luar biasa yang vokal tampaknya sedikit hilang dalam campuran tetapi ada beberapa harmoni yang indah dan tidak terlalu mengganggu saya bahwa vokal semuanya dalam bahasa Swedia. Tidak dapat memahami liriknya menambah nuansa musik dunia lain.

Dungen juga memiliki sisi yang lebih lembut seperti yang ditunjukkan pada track #4, instrumental “C Visar Vagen,” yang merupakan bagian yang sangat indah dengan gitar akustik, senar, organ, dan seruling yang indah. Lagu ini memiliki sedikit getaran India meskipun halus. Bagi saya itu benar-benar terdengar seperti perpaduan asli dari banyak pengaruh yang berbeda.

Track #6 “Mon Amour” mungkin menjadi track yang menonjol di album ini. Hampir 9 menit, panjangnya epik tetapi yang lebih penting adalah epik dalam aransemen saat ia pergi ke tempat-tempat menarik yang berbeda secara musikal. Ini dimulai dengan bagian yang sangat menarik.

Mungkin bagian vokal Dungen yang paling menarik. Sekitar 2 setengah menit dalam tempo mulai meningkat dan solo gitar yang menyilaukan masuk untuk beberapa aksi peleburan otak. Saya pikir Dungen mungkin memiliki solo gitar paling menarik yang direkam hari ini.

Mereka berdua secara musikal dan sonik sangat menarik. Ini bukan solo gitar untuk tipe nerd gitar yang membeli rekaman Joe Satriani. Ini adalah petualangan bagi mereka yang menyukai musik yang benar-benar membawa mereka ke suatu tempat. Ini adalah musik yang sangat psikedelik.

Untuk membuat perbandingan yang sangat malas, pekerjaan dan suara gitar sangat mirip dengan Hendrix dan Anda tidak mendapatkan banyak orang yang dapat melakukan eksplorasi gitar semacam ini tanpa hanya terdengar konyol atau retro. Bagi saya musik ini menjadi hidup. Ini adalah perjalanan dan Anda dapat melakukan perjalanan jika Anda mau. Benar-benar memukau.

Sama seperti saya menyukai album terakhir Dungen, saya pikir album baru ini membuatnya keluar dari air. Ini adalah favorit awal saya untuk album tahun ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.